Monday, January 10, 2011

Plastik Pintar Pendeteksi Makanan Basi

Liputan6.com, London: Ilmuwan Inggris berhasil menciptakan kemasan plastik pembungkus makanan yang akan berubah warna ketika kualitas makanan sudah tidak layak makan atau basi. Seperti dilansir Zee News, baru-baru ini, plastik pintar tersebut dapat mendeteksi kualitas bahan makanan seperti daging, ikan ataupun sayuran dengan cara mengubah warnanya.

Plastik ini juga akan berubah warna jika segel plastik rusak. Penemuan ini akan sangat membantu untuk mengurangi limbah rumah tangga serta membantu mengingatkan para ibu untuk mencegahnya dari membuang-buang makanan. Plastik ini bekerja dengan mendeteksi kadar oksigen yang ada di dalamnya. Semakin tinggi kadar oksigen maka semakin buruk kualitas makanan yang tersimpan di dalamnya.

"Limbah rumah tangga akan merusak lingkungan. Kami berharap hasil penelitian ini akan membantu orang-orang terhindar dari makanan yang tidak layak untuk dimakan serta mencegah bertambahnya limbah rumah tangga," kata pimpinan penelitian, Profesor Andrew Mills.(DSC/ANS)

Sumber : http://tekno.liputan6.com

Loading...

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Yuyun Lusini, M.Si, Hp. 081316300285
Ir. Nurul Asni, M.Si, Hp. 08128526140


Jl. Tugu RayaKomplek Timah, Kelapa Dua Cimanggis, Depok – 16951Telp. : (021) 8710001, Fax.: (021) 8728523 Email : akacaraka@yahoo.co.id Website : www.akacn.ac.id