Friday, December 17, 2010

Plasebo, Obat Mujarab Tanpa Bahan Kimia

Jakarta, Plasebo adalah istilah obat yang dibuat tanpa bahan kimia yang kadang hanya berisi cairan garam. Tapi efek plasebo (semu) telah banyak membuat orang sakit tersugesti untuk sembuh.

Bagi Anda yang tak suka obat-obatan berbau kimia, obat jenis ini ampuh melawan penyakit. Obat itu hanya mengandalkan dua kata, yaitu 'Saya yakin'.

Peneliti membuktikan dua kata itu sama ampuhnya dengan obat-obatan kimia, bahkan lebih manjur. Efek itu pun disebut sebagai efek plasebo.

Dua kata itu dibuktikan peneliti melalui serangkaian percobaan untuk mengurangi rasa sakit penderita penyakit Lupus.

Dalam studinya, partisipan diberi dua jenis pil. Pil pertama mengandung zat kimia (pil asli) dan pil kedua adalah pil yang tidak mengandung zat kimia apapun (pil plasebo). Partisipan tidak diberitahu mereka diberi pil yang mana pada saat studi.

Dan ternyata, hanya dalam waktu dua minggu, 3/4 partisipan yang mengonsumsi pil plasebo merasa lebih baik daripada partisipan yang mengonsumsi pil asli. Efek ini disebut peneliti sebagai efek plasebo atau efek palsu.

Meski tidak mengandung zat kimia untuk meredakan rasa nyeri, namun di balik pil plasebo itu ternyata ada kekuatan yakin.

"Itulah hebatnya efek plasebo. Partisipan merasa lebih baik hanya karena mereka berharap dan yakin akan merasa lebih baik. Kekuatan pikiranlah yang membuat rasa sakit, lemah atau gelisah itu hilang," ujar Dr Robert Ader, seorang psikolog dari University of Rochester di New York seperti dilansir AOL, Jumat (13/11/2009).

Efek plasebo banyak digunakan dalam pengobatan alternatif, dimana penyembuhan lebih didasarkan pada kepercayaan menggunakan obat herbal dan terapi berkelanjutan dibandingkan ilmu pengetahuan.

"Efek plasebo itu tidak nyata, obat yang diberikan sebenarnya tidak ada kandungan obatnya sama sekali. Tapi dengan keyakinan yang kuat, plasebo memberikan efek yang menguntungkan," ujar Ader.

Peneliti mengatakan bahwa efek plasebo dapat memberikan keuntungan sepertiga dari segala perlakuan pengobatan. Bahkan studi yang dilakukan H.K. Beecher tentang 'The Powerful Placebo' pada tahun 1955 menunjukkan bahwa 32 persen pasien bisa sembuh karena efek plasebo.

Seorang spesialis lutut, Dr Thomas Schnitzer dari Northwestern University yang pernah melakukan studi tentang efek plasebo pun menemukan fakta bahwa suplemen yang mengandung glucosamin dan chondroitin ternyata tidak lebih baik dalam mengatasi sakit encok daripada obat plasebo.

Kenapa bisa begitu? Peneliti juga masih belum tahu. Tapi mereka menduga ada dua hal yang mempengaruhinya, yaitu efek psikologis dan emosi.

Imajinasi otak tentang keyakinan dan kata 'saya tau obat ini akan menyembuhkan' yang tertanam pada otak bisa memberikan perubahan biologis dan mempengaruhi tingkat pesan kimiawi dan hormon stres yang menandakan rasa sakit dan kesenangan.

Emosi juga dapat mempengaruhi perubahan psikologi. Contoh kasus pada anak yang terkena sakit batuk dan sesak. Menangis membuat saluran udara mengeras sehingga menyulitkan bernapas. Banyak orang percaya bahwa dengan kabut dingin hal tersebut dapat sembuh.

"Namun ketika diteiti di rumah sakit tenyata hal tersebut sebenarnya tidak ada pengaruhnya," ujar Dr Owen Hendley, seorang pediatrik dari university of virginia

Insomnia adalah salah satu penyakit yang bisa disembuhkan dengan efek plasebo. "Jika kamu butuh tidur, daripada minum obat-obatan tidur, lebih baik pura-pura saja minum obat tidur. Jika kamu yakin bisa tidur karena obat palsu itu, Anda pasti bisa tidur," ujar Michael Perlis, psikolog dan ahli saraf the University of Pennsylvania.

Sumber : www.detikhealth.com

Loading...

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Yuyun Lusini, M.Si, Hp. 081316300285
Ir. Nurul Asni, M.Si, Hp. 08128526140


Jl. Tugu RayaKomplek Timah, Kelapa Dua Cimanggis, Depok – 16951Telp. : (021) 8710001, Fax.: (021) 8728523 Email : akacaraka@yahoo.co.id Website : www.akacn.ac.id