Friday, December 17, 2010

Kemiri dan Merica Dicuci Bahan Kimia

JAKARTA, KOMPAS.com — Hati-hati berbelanja aneka keperluan bumbu untuk memasak di pasar dan supermarket. Demi penampilan yang menawan alias putih dan bersih, penjual kemiri dan merica tak segan mencuci dagangannya dengan kaporit dan bahan kimia tertentu lainnya.

Kepala Satuan Industri dan Perdagangan Direktorat Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Sandi Nugroho, Jumat (3/9/2010), mengungkapkan, timnya mendapatkan temuan yang mengejutkan, yakni adanya aksi pedagang mencuci kemiri dan merica dengan bahan kimia.

"Kami menyita 200 karung merica dan kemiri dari gudang di Jakarta Barat. Pemilik gudang mengaku melakukan itu berdasarkan permintaan pasar," kata Sandi.

Beberapa contoh kemiri dan merica kini sedang diperiksa di laboratorium untuk melihat jenis-jenis bahan kimia yang digunakan untuk mencuci dua jenis bumbu itu. "Langkah itu juga untuk mengetahui sebesar apa kadarnya karena kami khawatir campuran untuk mencuci kemiri dan merica bisa membahayakan kesehatan," lanjut Sandi.

Temuan fakta itu berawal dari razia makanan kedaluwarsa yang banyak beredar di pasar menjelang Lebaran. Ketika memeriksa sebuah gudang di Jakarta Barat, polisi menemukan kemiri dan merica yang sudah dicuci dalam karung-karung. Sandi belum bersedia menjelaskan nama pemilik barang. Namun, si pemilik mengaku sudah setahun melakukan kebiasaan itu.

Tidak diketahui, di pasar dan supermarket mana saja barang tersebut beredar karena pemilik barang menjual kemiri dan merica dalam jumlah besar kepada pembelinya yang kemudian mengemas dalam plastik kecil untuk dijual kembali.

Loading...

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Yuyun Lusini, M.Si, Hp. 081316300285
Ir. Nurul Asni, M.Si, Hp. 08128526140


Jl. Tugu RayaKomplek Timah, Kelapa Dua Cimanggis, Depok – 16951Telp. : (021) 8710001, Fax.: (021) 8728523 Email : akacaraka@yahoo.co.id Website : www.akacn.ac.id