Tuesday, February 22, 2011

BBPOM periksa 4 zat kimia dalam buavanta | Kasus Keracuran

BBPOM periksa 4 zat kimia dalam buavanta


Warta
Indra Widyastuti
Reposter in Training
WASPADA ONLINE

MEDAN - Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Sumut telah memeriksa empat zat kimia pada minuman ringan buavanta, yang diduga menjadi penyebab meninggalnya seorang bocah bernama Salefina Natalia Datchi. Namun, belum ditemui adanya indikasi zat berbahaya di dalamnya.

Kepala Bidang Sertifikasi dan Layanan Informasi BPOM Sumut, Sacramento Tarigan mengatakan, keempat zat kimia tersebut adalah logam berat, sianida, rosen dan nitrit. Keempat zat itu diperiksa karena menurut analisis ada gejala dugaan keracunan zat berbahaya tersebut. “Kemasannya juga kita periksa, kita ambil semua untuk pengujian bersama untuk memastikan apakah ada temuan disuatu tempat atau tempat tertentu atau sama sekali tidak ada,” katanya.

Dia menambahkan, pemeriksaan itu sebenarnya akan siap dalam sehari, namun sejauh ini, setelah dievaluasi belum ada ditemui tanda-tanda yang mengandung zat berbahaya. “Memang hasil kordinasi dari dokter, anak yang meninggal itu sudah mulai muntah-muntah dari rumah, ditempat perawatanpun masih muntah-muntah. Menurut dokter, gejalanya seperti keracunan. Tapi, sejauh ini belum ada kita temui zat berbahaya,” ungkapnya.

Menurut Sacramento, pihaknya akan terus berkordinasi dengan instansi terkait untuk mencari masalah dan kearah mana penyebabnya, sehingga
bisa memfokuskan program pencegahan kedepannya. “Tetap kita kordinasikan ke Dinkes, supaya datanya melengkapi. Terutama soal pengawasan IRT di Medan. Sebab, selama ini pembinaan IRT dalam produk olahan masih lemah,” pungkasnya.

Editor: PRAWIRA SETIABUDI
(dat03/wol)


Sumber : www.waspada.co.id

Loading...

1 comments:

Jhon Doe said...

Bagi yang ingin mendapatkan aplikasi kimia, artikel, jurnal kimia dan text book yang berhubungan dengan kimia etc dalam dan luar negeri, disediakan ribuan file yang siap didownload. Data diserver sendiri beroperasi 24 jam dan GRATIS 100% Tanpa Syarat!!

cara silakan kunjungi facebook Page kami di http://www.facebook.com/pages/Kungfuchem/183592388354936

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Yuyun Lusini, M.Si, Hp. 081316300285
Ir. Nurul Asni, M.Si, Hp. 08128526140


Jl. Tugu RayaKomplek Timah, Kelapa Dua Cimanggis, Depok – 16951Telp. : (021) 8710001, Fax.: (021) 8728523 Email : akacaraka@yahoo.co.id Website : www.akacn.ac.id