Saturday, December 25, 2010

Khumaeni Sabet Penghargaan AS Bidang Keamanan Melalui Analisis Serbuk

Khumaeni Sabet Penghargaan AS Bidang Keamanan Melalui Analisis Serbuk


Jakarta - Ali Khumaeni, mahasiswa asal Indonesia, mencatat prestasi di kancah internasional. Dia menyabet penghargaan di AS bidang Laser-Induced Breakdown Spectroscopy (LIBS) untuk aplikasi keamanan melalui analisis serbuknya.

Penghargan itu didapatnya dari 6th International Chemical Congress of Pacific Basin Societies (Pacifichem 2010) yang diselenggarakan di Honolulu, Hawaii, Amerika Serikat, 15-20 Desember 2010. Demikian keterangan tertulis Wakil Konsul Konjen RI di Osaka, Jepang, Anggraeni Widiastuti, yang diterima detikcom, Kamis (23/12/2010).

Khumaeni menyampaikan makalah dengan judul 'A Unique Technique for Rapid Analysis of Tiny Amount of Powder Sample Using Transversely Excited Atmospheric CO2 Laser-induced He Gas Plasma at 1 atm'. Dari karyanya itu, dia menjadi satu-satunya pemenang di bidang keilmuan kategori keamanan.

Mahasiswa program master Universitas Fukui Jepang ini menawarkan metode baru untuk menganalisis serbuk yang tersedia dalam jumlah sedikit (sekitar 2-5 mg). Serbuk yang sangat sedikit terkadang ditemukan di laboratorium kimia tanpa disertai dengan label (karena hilang, dll) sehingga sering kali muncul kesulitan untuk membedakan dengan serbuk lain. Hal ini karena adanya kesamaan warna dan ukuran partikelnya.

Serbuk terkadang juga ditemukan di tempat-tempat yang dicurigai dalam investigasi kriminal lantaran keberadaan material eksplosif. Analisis serbuk yang tersedia dalam jumlah sedikit juga sangat diperlukan di Industri yang menghasilkan serbuk-serbuk yang sangat mahal seperti Industri kosmetik dan obat-obatan. Dalam risetnya, Khumaeni dibantu oleh Zener Sukra Lie, dan beberapa mahasiswa Jepang.

Juri Pacifichem 2010 sebelumnya menerima 2.070 makalah kategori mahasiswa yang telah didaftarkan di 13 bidang keilmuan. Juri lantas memilih 43 makalah terbaik untuk dipresentasikan di kompetisi poster.

Para pemakalah juga diberi kesempatan untuk mempresentasikan di depan para ahli bidang LIBS for security application. Makalah-makalah pilihan itu akan dipublikasikan di Jurnal Internasional Applied Spectroscopy edisi January 2011.

Dalam menilai makalah-makalah itu, dewan juri menekankan pada 4 poin penilaian, yakni orisinalitas ide (novelty), cara penyajian presentasi, pemahaman secara menyeluruh terhadap riset yang telah dilakukan, dan antusiasme dan semangat dalam membawakan presentasi.

(vit/fay)

Sumber : www.Detik.com

Loading...

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Yuyun Lusini, M.Si, Hp. 081316300285
Ir. Nurul Asni, M.Si, Hp. 08128526140


Jl. Tugu RayaKomplek Timah, Kelapa Dua Cimanggis, Depok – 16951Telp. : (021) 8710001, Fax.: (021) 8728523 Email : akacaraka@yahoo.co.id Website : www.akacn.ac.id